Dengan senang hati kami akan menyampaikan kabar gembira dari Molotkondo, kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat, Flores. Sekarang kurang lebih 119 anak sudah bisa menikmati perpustakaan. Mereka memiliki kesempatan untuk membaca buku cerita berwarna dan menggugah imajinasi.

image_7

Perpustakaan Taman Bacaan Pelangi berada di SDN Golo Lansing. Sekolah ini diapit oleh dua kampung dan jarak dari masing-masing kampung menuju sekolah bisa dikatakan jauh. Tantangan untuk menuju kampung juga masih sangat sulit, apalagi kalau hujan deras.

 

Jalanan terjal berbatu dan licin, belum lagi sungai yang meluap-luap. Akan tetapi sambutan anak-anak ketika tiba di kampung membuat semua lelah itu terbayar lunas.

Foto1212

Setelah kurang lebih dua jam menggunakan mobil dari Labuan Bajo menuju Konang, diperlukan sekitar satu setangah jam untuk berjalan kaki melalui jalanan terjal dan berbatu. Kita akan melewati sungai dengan jembatan kecil dan berjalan sekitar beberapa menit untuk tiba di sekolah.

 

Taman Bacaan Pelangi merasa beruntung bisa bekerja sama dengan kepala sekolah, guru, warga, dan relawan yang bisa membuat proses ini berjalan dengan lancar. Seringnya kami bermain voli bersama di sore hari untuk melepas penat sekaligus bersenang-senang.

 

Sambutan anak-anak akan buku cerita baru mereka juga diluar dugaan kami. Mereka begitu bersemangat dan gembira. Saya menyaksikan dengan mata kepala saya sendiri senyum yang merekah dan mata yang berbinar-binar ketika membuka halaman demi halaman. Ahhh.. sungguh sebuah pemandangan yang tidak bisa dibayar dengan apapun.

image_5

Buku memang tidak mengecewakan anak-anak Molotkondo. Bahkan, Asti yang masih belum lancar membaca begitu antusias bahkan sampai lari ketika perpustakaan dibuka. Dia ingin menjadi orang pertama yang sampai di perpustakaan.

image

Semangat itu tidak hanya dimiliki oleh Asti. Teman-temannya yang lain tidak mau ketinggalan. Mereka menyerbu perpustakaan tanpa ragu.

 

Dengan keberadaan perpustakaan ini, semoga kehidupan anak-anak Molotkondo lebih berwarna lagi. Kelak mereka bisa menjadi pembaca yang mandiri dan mampu menyelesaikan permasalahan hidup mereka di masa yang akan datang. Membaca akan membuka cakrawala pengetahuan dan mampu membawa mereka menuju mimpi-mimpi indah yang akan menjadi kenyataan.

 

Selamat membaca adik-adik kesayangan! 
Selamat menikmati pelangi baru kalian!

 

Labuan Bajo, 16 Maret 2016
Monik